SMA Adhi Luhur Gelar Presentasi Finalis LMTP se-Nabire

Rabu, Oktober 28, 2009

NABIRE—Kolese Le Cocq d’Armandville, SMA YPPK Adhi Luhur Nabire menggelar presentasi Lomba Mengarang Tingkat Pelajar (LMTP) se-Kabupaten Nabire bagi 16 finalis, 10 orang tingkat SMA/SMK/MA dan 6 orang tingkat SMP/MTs, di ruang Laboratorium Bahasa Adhi Luhur, Selasa, (27/10).

Koordinator umum LMTP SMA/SMK/MA dan SMP/MTs se-Kabupaten Nabire, Valeria Gisela Sepventus Uhing didampingi Marintan Butar-butar mengatakan, jumlah naskah yang masuk pada panitia berjumlah 25, masing-masing 7 naskah dari tingkat pelajar SMP/MTs dan 18 naskah dari tingkat pelajar SMA/SMK/MA. “Jumlah naskah tahun ini (2009) lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,”katanya.

“Para finalis terdiri dari 10 orang tingkat SMA/SMK/MA dan 6 orang SMP/MTs. Mereka adalah 4 orang dari SMA Kristen Anak Panah, 1 orang dari SMA Negeri 3, 2 orang dari Adhi Luhur, 2 orang dari YPK Tabernakel, dan 1 orang dari SMA Negeri 1. Sementara yang dari tingkat SMP/MTs, 5 orang dari SMP Anak Panah, 1 orang dari SMP YPK Tabernakel, dan 1 dari SMP Negeri 2,” kata Valeria.

Katanya, masing-masing peserta diberi waktu 10 menit untuk presentasi naskah dan 10 menit untuk tanya jawab. Dewan juri LMTP adalah Dra. Suarsih Guru Bahasa dan Sastra Indonesia SMA Negeri I Nabire; Refli Umpel, S.S., M.Pd., guru Bahasa dan Sastra Indonesia SMA Kristen Anak Panah Nabire, dan Fr. Harry, S.J. Sub Moderator SMA Adhi Luhur Nabire.

Valeria mengatakan, LMTP ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Bulan Bahasa (Oktober, red) tahun 2009. Tema LMTP tahun ini adalah “Menggali Potensi Kabupaten Nabire” dengan beberapa sub tema, yaitu potensi sumber daya alam, potensi pariwisata, potensi sumber daya manusia, potensi ekonomi, potensi kebudayaan, sosial dan politik, dan potensi lainnya.

“Melalui LMTP ini kami ingin meningkatkan budaya menulis bagi para pelajar SMA/SMK/MA dan SMP/MTs se-Kabupaten Nabire. Selain itu, melalui tema LMTP, kami ingin memberikan kesempatan kepada para pelajar SMA/SMK/MA dan SMP/MTs untuk mengenali potensi yang dimiliki Nabire. Dengan demikian, para pelajar tidak menjadi asing dari potensi yang mereka miliki dan kemudian hari dapat mengembangkan untuk kehidupan mereka, “kata Moderator SMA Adhi Luhur Nabire, Pastor Odemus Bei Witono, S.J.

Dalam sambutan penutupnya, Bei mengatakan, hasil LMTP akan diumumkan pada acara Festival Budaya yang akan diselenggarakan pada 31 Oktober 2009 di halaman Adhi Luhur Nabire. “Festival Budaya Adhi Luhur ini akan hadiri oleh Bupati Nabire sekaligus membuka acara, Dandim, Kapolres, dan beberapa Kepala Dinas dan Kepala Bagian di Nabire dan Dogiyai,” kata Bei.

“Festival Budaya ini adalah acara dua tahunan SMA Adhi Luhur. Seluruh keluarga SMA Adhi Luhur akan memakai pakaian adat dari suku masing-masing. Mereka akan menampilkan, drama, tarian, dan atraksi dari suku masing-masing. Pada acara ini juga akan diluncurkan roket air buatan Adhi Luhur sehingga akan menjadi menarik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Kami juga mengajak semua finalis LMTP untuk datang dengan mengenakan pakaian adat,” kata Bei mengajak.

Pater Bei mengatakan, hadiah untuk juara LMTP SMA/SMK/MA dan SMP/MTs masing-masing juara I piala Bupati Nabire, piagam, dan uang pembinaan; juara II piala Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nabire, piagam, dan uang pembinaan; juara III piala KNPI Kabupaten Nabire, piagam, dan uang pembinaan; serta juara harapan uang pembinaan dan piagam. Para finalis yang tidak mendapatkan kesempatan menjadi juara pada LMTP tahun ini akan diberikan piagam penghargaan. (yer)


0 komentar:

Posting Komentar

Mendukung Gerakan "One People, One Book, One Heart for Papua" yang di Lakukan oleh LPP. Kami kumpulkan buku baru dan bekas untuk bangun perpustakaan di Papua. Di Jakarta dan sekitarnya hubungi Johanes Supriyono, email:
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
 
 
 

Visitors

Pengikut