ICS: Dana Otsus untuk Pendidikan Hanya Sekitar 7 %

Sabtu, Mei 16, 2009

Alokasi dana Otonomi Khusus (Otsus) untuk sektor pendidikan sebesar 30%, nampaknya baru sebatas slogan saja. Pasalnya, dari hasil riset yang dilakukan pihak ICS Papua, ternyata anggara untuk sektor pendidikan hanya berkisar 7% saja.

"Kami tidak tahu para meter apa yang digunakan Pemerintah Provinsi Papua sehingga menyatakan dana untuk sektor pendidikan sebesar 30 %, sebab dari hasil penelitian yang kami lakukan, ternyata hanya berkisar 7 % saja,"ujar Koordinator Program ICS Papua, Yusak Reba, SH kepada wartawan usai memberikan materi pada diskusi fokus yang mengangkat masalah kebutuhan dan pengelolaan dana Otsus untuk peningkatan kualitas pendidikan dasar di Papua di Hotel Mapia Biak, Rabu (13/5) kemarin.

Dikatakan, Perda No 5 Tahun 2006 tentang pembagian dana Otsus yang mengalokasikan sektor pendidikan sebesar 30 % belum bisa dibuktikan dan tidak ada parameter yang jelas. Sebab dari fakta yang terjadi di lapangan sampai saat ini anak-anak masih banyak sangat sulit memperoleh pendidikan.

"Jika memang itu benar ada 30 % untuk pendidikan, maka buku-buku paket dan beasiswa bagi setiap anak pasti ada. Secara umum kami melihat dana Otsus ini lebih banyak digunakan di kalangan birokrat saja,"ujarnya.

Terkait belum maksimalnya penggunaan dana Otsus untuk pendidikan itu, pihaknya melakukan riset di Kota Jayapura, Kabupaten Biak Numfor dan Kabupaten Jayawijaya. Riset itu salah satunya dilakukan dalam bentuk diskusi dengan sejumlah stakeholder.(ito)
---------------------------
Sumber:Cenderawasihpos.com

0 komentar:

Posting Komentar

Mendukung Gerakan "One People, One Book, One Heart for Papua" yang di Lakukan oleh LPP. Kami kumpulkan buku baru dan bekas untuk bangun perpustakaan di Papua. Di Jakarta dan sekitarnya hubungi Johanes Supriyono, email:
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
 
 
 

Visitors

Pengikut