Beasiswa untuk Calon Guru

Senin, April 27, 2009

Untuk memenuhi kebutuhan guru baru yang berkualitas di Kabupaten Biak Numfor, Papua, pemerintah setempat memberikan beasiswa pendidikan tinggi kepada calon guru. Mereka yang nantinya meraih gelar sarjana pendidikan memiliki ikatan dinas dengan Pemerintah Kabupaten Biak Numfor untuk mengajar di kabupaten itu.

”Sejak tahun 2004 pemerintah daerah memberikan beasiswa untuk calon guru kuliah S-1 di Universitas Cenderawasih, Papua. Ada sekitar 100 orang yang disiapkan untuk memenuhi guru baru di Biak. Proporsinya 75 persen putra daerah dan sisanya pendatang,” kata Yusuf Slamet, Kepala Seksi Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Biak Numfor, Senin (20/4).

Mereka yang dipersiapkan jadi guru itu dipilih melalui seleksi yang ketat. Calon guru tersebut harus memiliki nilai minimal 6. ”Pengangkatan guru baru harus yang berkualitas supaya ada perbaikan mutu pendidikan di Biak,” kata Yusuf.

Selain itu, calon guru yang kuliah di lembaga pendidikan dan tenaga kependidikan (LPTK) swasta di daerah ini dijanjikan untuk diangkat pemerintah setempat. ”Guru SD masih sangat kurang. Idealnya setiap sekolah memiliki sembilan guru, tetapi kenyataannya banyak yang hanya memiliki enam, tiga, bahkan seorang guru untuk satu sekolah,” ujarnya.

Laban Rumbrapuh, Kepala SD Bosnabraidi YPK, Distrik Yawosi, Biak Utara, menyambut baik kesempatan belajar yang diberikan kepada guru. Melalui cara itu guru bisa meningkatkan kemampuannya. (ELN)
------------------------------
Sumber: www.kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar

Mendukung Gerakan "One People, One Book, One Heart for Papua" yang di Lakukan oleh LPP. Kami kumpulkan buku baru dan bekas untuk bangun perpustakaan di Papua. Di Jakarta dan sekitarnya hubungi Johanes Supriyono, email:
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
 
 
 

Visitors

Pengikut