Tunjangan Guru Bakal Naik

Jumat, Maret 13, 2009

Ada kabar menggembirakan bagi guru berstatus pegawai negeri sipil (PNS), baik yang berada di bawah naungan Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) maupun Departemen Agama (Depag). Pasalnya, dalam waktu dekat, pemerintah berencana menaikkan tunjangan tenaga kependidikan.

Untuk mencairkan tunjangan itu, Ditjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) tinggal menunggu keluarnya Perpres. Draf Perpres sudah diajukan Men PAN ke Presiden.

Kasubdit Penghargaan dan Perlindungan Guru Ditjen PMPTK Dian Mahsunah mengatakan, kenaikan tunjangan itu untuk mendongkrak gaji guru PNS dengan golongan terendah. Sesuai janji Presiden SBY ketika Hari Guru beberapa waktu lalu, pendidik di Indonesia setidaknya memiliki gaji terendah Rp 2 juta per bulan.
"Untuk mencapai gaji Rp 2 juta, guru dengan pangkat terendah II-a dan lulusan SMA sederajat harus mendapat tambahan tunjangan Rp 260 ribu. Jadi, kenaikan tunjangan guru PNS ya sebesar itu,"terangnya.

Sesuai Perpres No 101/2007, besarnya tunjangan tenaga kependidikan untuk guru PNS golongan II sebesar Rp 286 ribu, golongan III Rp 327 ribu, dan golongan IV Rp 368 ribu per bulan. Dengan keluarnya Perpres baru, tunjangan itu akan naik. "Selisih antara grade golongan a, b, c, d sebesar Rp 10 ribu," jelas perempuan berjilbab itu.

Dengan demikian, guru PNS golongan II-a akan mendapat tambahan tunjangan Rp 260 ribu, golongan II-b Rp 270 ribu, golongan II-c Rp 280 ribu, dan seterusnya. Anggaran untuk pemberian tunjangan itu, kata Dian, sudah teralokasi. Departemen Keuangan sudah mengusulkan dana itu. "Dana yang akan cair nanti mulai per Januari 2009. Seumpama Perpres keluar bulan depan, tunjangan yang cair tetap dihitung per Januari. Pencairannya akan dirapel," ungkapnya.

Rencananya, dana itu diberikan langsung ke dinas pendidikan provinsi. Mereka yang kemudian mencairkannya. Untuk guru madrasah, pencairan dilakukan Depag. Total guru PNS yang akan mendapat kenaikan tunjangan itu sebanyak 1,4 juta orang.

"Menteri PAN selaku kordinator pencairan tunjangan telah mengajukan draf ke presiden. Pak Presiden sendiri ingin Perpres itu segera terbit,?? ujarnya. (kit/oki)

Jumlah Guru PNS di Indonesia
Sekolah PNS Non -PNS
Negeri 1.330.860 472.47 5
Swasta 121.554 449.833
Jumlah 1.452.414 922.308
-----------------------------
Sumber: Ditjen PMPTK


0 komentar:

Posting Komentar

Mendukung Gerakan "One People, One Book, One Heart for Papua" yang di Lakukan oleh LPP. Kami kumpulkan buku baru dan bekas untuk bangun perpustakaan di Papua. Di Jakarta dan sekitarnya hubungi Johanes Supriyono, email:
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
 
 
 

Visitors

Pengikut