2.383 Murid SMP Tidak Lulus

Jumat, Juni 20, 2008

Jayapura – Hasil pengumuman kelulusan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP/MTs dan SD tahun ajaran 2007-2008, diumumkan secara serentak di seluruh Papua, hari ini Sabtu (21/6). Untuk tahun ini, tingkat kelulusan peserta UN tingkat SMP/MTs seluruh Papua mencapai 90,34 persen sedangkan yang tidak lulus 9,66 persen.

Menurut data yang dihimpun Dinas Pendidikan dan Pengajaran Provinsi Papua, yang mengikuti UN SMP/MTs sebanyak 23.025 peserta ujian dari 361 sekolah di 20 kabupaten/kota se-Papua yang tidak lulus 2.383 murid. Dimana masing-masing daerah memperoleh kelulusan sekitar 60 persen meskipun ada beberapa daerah yang meraih kelulusan 100 persen.

Untuk tingkat kelulusan UN tingkat SMP/MTs tahun ajaran 2007-2008, dari data yang berhasil dihimpun menunjukan bahwa tingkat ketidak lulusan yang paling tinggi terjadi di Kabupaten Pegunungan Bintang, dimana dari 174 peserta yang tidak lulus mencapai 81 orang. Sedangkan tingkat ketidak lulusan terendah di Kabupaten Jayawijaya, dari 2.444 peserta yang tidak lulus 119 orang.

Sedangkan untuk hasil kelulusan tingkat SD, akan diumumkan pada hari ini, Sabtu (21/6) namun pengumuman kelulusan peserta Ujian Nasional SD dilakukan oleh masing-masing sekolah di setiap kabupaten/kota, bukan pengumuman dari data Dinas P dan P provinsi.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Provinsi Papua, Drs. James Modouw, M.MT, tingkat kelulusan tahun ini mengalami kenaikan, dimana dapat dilihat di tahun ajaran ini kelulusan mencapai 90,34 persen.

“Jika dibandingkan dengan tahun ajaran lalu, memang kali ini mengalami kenaikan, dimana tahun kemarin tingkat kelulusan tidak mencapai 99,44 persen,” ujarnya pada wartawan di Kantor P dan P provinsi Papua, Jumat (20/6) kemarin.

Nilai tertinggi di masing-masing sekolah di kabupaten/kota antara lain, Kabupaten Jayapura diraih SMPN 2 Sentani dengan nilai 31,70, Kabupaten Biak Numfor, SMPN 3 Biak dengan nilai 27,35, Kabupaten Yapen diraih SMP/MTs Darusallam Serui dengan nilai 32,42, Kabupaten Merauke diraih SMPN 5 Muting dengan nilai 29,05, Kabupaten Jayawijaya SMPN 3 Wamena dengan nilai 30,97, Nabire diraih MTs Asy-Syafiah dengan nilai 30,90, Kota Jayapura diraih SMPN 12 Jayapura dengan nilai 31,74.

Dengan hasil pengumuman yang akan diumumkan hari ini, James mengharapkan kiranya siswa yang lulus bukan hanya mengejar kelulusan samata, melainkan bagaimana dapat memilih sekolah lanjutan yang tepat sesuai dengan keahlian yang dimiliki.“Saya harap siswa yang lulus dapat memilih sekolah yang tepat, jangan hanya kejar nilai kelulusan, tetapi bagaimana mempunyai keahlian khusus,” paparnya.

“Begitu juga bagi siswa yang tidak lulus, jangan berkecil hati karena masih ada kesempatan berikutnya dan juga yang namanya pendidikan tidak pernah mati,” pungkasnya.**
-------------------------------------------------------------------
Sumber:http://papuapos.com

0 komentar:

Posting Komentar

Mendukung Gerakan "One People, One Book, One Heart for Papua" yang di Lakukan oleh LPP. Kami kumpulkan buku baru dan bekas untuk bangun perpustakaan di Papua. Di Jakarta dan sekitarnya hubungi Johanes Supriyono, email:
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
 
 
 

Visitors

Pengikut