Orasi Ilmiah Dr. Mahatir Mohammad

Minggu, Mei 18, 2008

Mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahatir Mohammad menjelaskan, Indonesia memiliki kendala lebih besar dibandingkan Malaysia untuk memajukan bidang pendidikan.
Wilayah Indonesia yang luas dan jumlah penduduk yang lebih banyak menjadi dua kendala terbesar untuk menerapkan satu sistem pendidikan yang ideal.

Hal tersebut dipaparkan Mahatir di saat pemberian orasi ilmiah di acara wisuda Universitas Pancasila, di Jakarta, Sabtu(10/5).

Mahatir menambahkan, Malaysia memang lebih beruntung dibandingkan Indonesia, karena memiliki jumlah penduduk dan wilayah relatif kecil. Oleh karena itu, pemerintah Malaysia mudah mengawasi sistem pendidikan.

Pemerintah Malaysia telah menyediakan 25 persen dari anggaran pembangunan untuk pendidikan. Anggaran itu sekaligus untuk mengevaluasi satu sistem pendidikan guna mendeteksi kekuatan dan kelemahan pendidikan yang diterapkan.


Menurut Mahatir, dalam lima tahun terakhir, Pemerintah Malaysia mewajibkan pendidikan sains dan matematika diajarkan dengan bahasa Inggris, agar kedua ilmu tersebut, selalu mengikuti perkembangan ilmu dari dunia barat.[
Oleh : Gordon Naibaho]

--------------------------------------------------------------------------------
Sumber: http://kabarindonesia.com/berita.php?pil=13&dn=20080514195439

0 komentar:

Posting Komentar

Mendukung Gerakan "One People, One Book, One Heart for Papua" yang di Lakukan oleh LPP. Kami kumpulkan buku baru dan bekas untuk bangun perpustakaan di Papua. Di Jakarta dan sekitarnya hubungi Johanes Supriyono, email:
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
 
 
 

Visitors

Pengikut