Pemkab Tolikara Alokasikan Rp 21 M Untuk Pendidikan

Jumat, Maret 28, 2008

SENTANI-Bupati Tolikara, Dr HC John Tabo MBA memaparkan, pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan kemampuan pola pikir masyarakat dengan sarana pendidikan yang disediakan.Tidak tanggung-tanggung anggaran tahunan dalam APBD tahun 2008 Pemkab Tolikara diplot sebesar Rp 21 miliar untuk pendidikan.

“ Untuk jumlah Sekolah Dasar (SD) saat ini berjumlah 60 lebih dan 3 SMA juga Universitas yang membidangi bahasa asing,” ungkap John Tabo saat ditemui dalam acara kegiatan seminar sehari YPK menuju kemandirian bangsa di Sanggar Kesenian Bersama (SKB), di Sentani, Rabu (26/3).
Dari Universitas yang berada di Distrik Bokondini tersebut, lanjut John Tabo, kualitas tenaga guru tidak perlu diragukan mengingat tenaga pengajar yang ada berasal dari missionaris dan beberapa dari luar negeri. Bahkan, ditahun ini direncanakan sudah ada yang tamat, begitu juga dengan proses akreditasi untuk status pedidikan guna merangsang masyarakat terus melanjutkan pendidikan.“Saya melihat masyarakat sangat antusias dengan dibangunnya Universitas ini, karena itu kami pikir komitmen untuk pembangunan harus dilakukan dengan sepenuh hati sehingga pemerintah juga merespon dengan memberikan dukungan dana yang cukup,” ujarnya.

Lebih jauh dijelaskan, untuk mendukung komitmen tersebut, sejak tahun 2007 Pemkab Tolikara telah membangun sekolah 1 atap mulai dari TK, SD dan SMP Negeri begitu juga dengan sekolah yang berbentuk yayasan.
”Kami juga membangun sekolah unggulan, dimana daerahnya merupakan potensi pertanian didukung dengan lokasi asrama, perkebunan dan lahan peternakan yang tujuannya adalah untuk mengangkat harkat dan martabat juga mengembangkan sumber daya manusia,” pungkas John seraya menambahkan bahwa ada kelas jauh yang bekerjasama dengan Uncen. Kelas jauh ini diperuntukkan bagi pegawai negeri.(ade)

0 komentar:

Posting Komentar

Mendukung Gerakan "One People, One Book, One Heart for Papua" yang di Lakukan oleh LPP. Kami kumpulkan buku baru dan bekas untuk bangun perpustakaan di Papua. Di Jakarta dan sekitarnya hubungi Johanes Supriyono, email:
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
 
 
 

Visitors

Pengikut