Proyek Lama Itu...

Selasa, Januari 15, 2008

SEJAK pertengahan tahun 1985 pemerintahan rezim Orde Baru yang dipimpin Soeharto telah memulai membangun impian mereka dengan mencoba membuat tiga jalur jalan tembus antarkota di Irian Jaya (Papua:Red) yang mereka sebut sebagai proyek Trans Irian.


Yang pertama Jalan Trans Irian Jayapura-Wamena. Kedua Jalan Trans Irian Merauke Waropko-Oksibil-Ubrub, dan terus ke Jayapura. Serta Jalan Trans Irian Nabire-Enarotali-Ilaga yang akan tembus di Wamena.

Agar impian pembangun tiga jalur utama jalan trans itu masuk akal, maka megaproyek yang betul-betul menelan dana trilyunan rupiah itu, diasumsikan seperti pembangunan jalan di Jawa. Namun hingga tahun 2008, ketiga jalan tersebut masih belum sempurna seperti impian awal. Impian itu terkendala keseriusan pemerintah dan kondisi alam yang berat seperti tampak pada gambar ini. Foto diambil oleh majalah Selangkah pada 17 Desember 2007 di jalan Trans Irian yang menghubungkan Nabire-Enarotali-Ilaga (KM 140).



1 komentar:

Anonim mengatakan...

Katanya, mau membangun Papua Baru. Kapan para bupati dan gubernur akan membangun fasilitas vital pembangunan Papua Baru itu. Kalau tarnsportasi tidak di buka maka pembangunan dengan konsep apapun hanya retorika. Kiranya para pejabat dapat memperhatikan tranportasi darat ini.

Salam dari Numbay,
Wakum

Posting Komentar

Mendukung Gerakan "One People, One Book, One Heart for Papua" yang di Lakukan oleh LPP. Kami kumpulkan buku baru dan bekas untuk bangun perpustakaan di Papua. Di Jakarta dan sekitarnya hubungi Johanes Supriyono, email:
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
 
 
 

Visitors

Pengikut