Guru Tak Terbatas Pada Pengetahuan Ilmu Keguruan

Minggu, November 11, 2007

NABIRE – Tugas dan tanggung jawab guru tidak terbatas pada pengetahuan tentang ilmu keguruan serta tatap muka di dalam kelas ketika menyajikan materi. Tetapi lebih penting adalah memberikan corak sebagai suatu profesi keguruan terutama tugas dan tanggung jawabnya dalam mendidik dan mengajar anak bangsa.

“Untuk itu, kami mengharapkan kepada calon juga tenaga pengajar yang kami siapkan melalui Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan USWIM Nabire melakukan latihan-latihan yang serius menghadapi situasi belajar yang sesungguhnya,” kata Pembantu Dekan (PD) I FKIP USWIM Nabire, Drs.Th. Asmanto beberapa hari lalu kepada media ini.

Diktakan Asmanto, mengajar dapat berlangsung dalam suatu proses belajar mengajar yang aktual, sehingga membutuhkan seni dalam penanganannya. Terdapat beberapa ketrampilan dasar yang selalu dipergunakan guru dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Sebagai calon pengajar harus memiliki ketrampilan-ketrampilan yang memang dilatih melalui kegiatan program pengalaman lapangan I atau yang disebut pengajaran mikro. Jika dinyatakan lulus pengajaran mikro, calon pengajar juga harus mengikuti keggiatan program pengalaman lapangan II.

“Karena melalui program pengalaman lapangan II mahasiswa yang dipersiapkan menjadi calon pengajar dilatih didalam situasi mengajar mandiri dalam real classroom teaching,” ujarnya.
Ditambahkan, tujuan pelaksanaan program pengalaman lapangan II bagi mahasiswa FKIP USWIM Nabire pada beberapa sekolah adalah, sebagai ajang latihan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan teori yang didapat dalam menghadapi situasi pembelajaran secara nyata.

Selain itu mahasiswa dapat membuat rencana pembelajaran secara utuh dan melaksanakannya dalam kegiatan belajar mengajar di kelas juga membuat laporan secara lengkap hasil kegiatan yang dilakukan mahasiswa praktek pengalaman lapangan.(rik)
---------------------------------------------------
Sumber:http://www.kabupatennabire.com/01-11-07

0 komentar:

Posting Komentar

Mendukung Gerakan "One People, One Book, One Heart for Papua" yang di Lakukan oleh LPP. Kami kumpulkan buku baru dan bekas untuk bangun perpustakaan di Papua. Di Jakarta dan sekitarnya hubungi Johanes Supriyono, email:
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
 
 
 

Visitors

Pengikut