Apa Sich Komputer Itu ???

Selasa, November 13, 2007

Yohanes Marcellino Fernandez*)


Komputer itu Apa Sih?
Kalian tahu tidak? Tidak tahu! Ya, begini, komputer itu menurut bahasa aslinya (bahasa Inggris) berarti ‘tukang hitung”! Tidak salah kalau kalian menyebut komputer sebagai ‘tukang hitung”. Pada awalnya memang komputer diciptakan untuk menghitung. Lalu apa bedanya komputer dengan kalkulator. Kalian tahu juga ‘kan kalau kalkulator dipakai untuk menghitung juga. Bedanya adalah komputer bisa diprogram untuk melakukan tugas-tugas lain, tidak semata-mata hanya untuk menghitung. Tugas-tugas lain itu apa? Tugas-tugas lain itu antara lain: mengolah data, menganalisa data, menyimpan data, mengirimkan data dan masih banyak lagi. Bingung ?

Supaya kamu tra bingung, saya akan jelaskan beberapa istilah yang perlu kalian ketahui. Istilah pertama adalah program. Program adalah susunan perintah yang kita berikan kepada komputer untuk melakukan sesuatu. Komputer itu pada dasarnya adalah sebuah mesin yang bodoh. Dia tidak akan melakukan apa-apa jika kita tidak memberi perintah. Tetapi komputer adalah mesin yang sangat taat pada perintah yang kita berikan. Komputer tidak dapat membedakan mana perintah yang benar dan mana perintah yang salah. Dia akan melakukan setiap perintah persis seperti yang kita perintahkan.

Jadi, komputer berbeda dengan teman-teman. Teman-teman masih bisa berpikir untuk melakukan atau tidak melakukan sebuah perintah. Kalau teman-teman diperintahkan untuk mencuri, maka kalian masih bisa berpikir apakah perintah itu benar atau salah, baik atau buruk. Jika perintah itu adalah perintah yang salah pasti kalian tidak akan melaksanakannya. Tetapi komputer tidak bisa berpikir. Dia tidak tahu mana perintah yang benar mana yang salah. Pokoknya dia hanya menerima perintah dan menjalankannya.

Teman-teman pasti berpikir, bagaimana caranya memerintah komputer? Seperti yang saya jelaskan di atas, perintah-perintah untuk komputer disusun dalam sebuah program. Membuat program untuk komputer ternyata tidak gampang. Kalian harus memahami dulu bahasa komputer. Seperti kalau kalian mau memerintah orang Inggris, kalian harus tahu bahasa Inggris supaya orang yang kita perintah mengerti perintahnya. Atau kalau mau memerintah orang India, kalian harus tahu bahasa India. Nah, komputer punya bahasanya sendiri. Kalian harus belajar bahasa komputer supaya bisa membuat program. Orang yang pekerjaannya membuat program komputer disebut programmer. Teman-teman juga bisa menjadi programmer, asal teman-teman mau belajar dan bekerja keras. Gajinya lumayan! J

Istilah kedua yang mau saya jelaskan adalah data. Singkatnya data itu adalah kumpulan informasi. Contoh data pribadi :

Nama : Marcellino
Tempat Lahir : Nabire
Tanggal Lahir : 02 January 1990
Alamat : Jl. Merdeka No. 76 Nabire – Papua

Teman-teman pasti punya data pribadi seperti di atas. Nah, kumpulan informasi/keterangan seperti itulah yang disebut data. Selain data pribadi masih banyak lagi jenis data lainnya. Komputer bisa kita perintahkan untuk mengolah data, menyimpan data, mengirim data, menganalisa data dan sebagainya. Karena kemampuannya itu, komputer bisa mengerjakan berbagai macam perkerjaan tidak seperti kalkulator yang hanya bisa menghitung.. Contoh-contoh pekerjaan yang bisa dikerjakan komputer adalah (a) membuat dokumen, menyimpannya dan mencetaknya, (b) membuat gambar dan menyimpannya, (3) menghitung berbagai macam perhitungan, (4) berkomunikasi melalui internet dan masih banyak lagi.

Komputer bisa juga dimanfaatkan sebagai alat untuk belajar seperti yang kalian lakukan sekarang. Dan asal tahu saja zaman sekarang komputer telah dipakai untuk banyak sekali hal. Komputer dipakai di sekolah, di kantor, di lapangan udara, di rumah sakit, pokoknya di mana-mana. Oleh karena itu teman-teman harus mau belajar komputer yah. Kalau tidak belajar, siap tertinggal dan ditinggalkan orang lain!

Komponen Apa Saja yang Terdapat Didalam Komputer ???
Di dalam suatu perangkat komputer atau yang sering kita kenal dengan Personal Computer (PC) terdapat komponen-komponen perangkat keras (Hardware) maupun Perangkat Lunak (Software) yang membuat komputer tersebut dapat melakukan tugas-tugasnya. Perangkat Keras (Hardware) adalah bagian peralatan elektronik yang bisa dipegang dan dilihat (kasat mata), misalnya Monitor, CPU, Keyboard, Printer dan sebagainya. Sedangkan untuk perangkat lunak (Software) adalah bagian dari komputer yang tidak bisa dilihat dengan mata secara langsung tetapi bagian ini merupakan bagian yang penting dari suatu sistem komputer, misalnya program dan sistem operasi.

Contoh lain untuk menjelaskan perangkat lunak adalah seperti lagu-lagu yang disimpan dalam pita komputer atau CD (compact disk). Lagu dalam kaset atau CD itu ada (bisa dibuktikan jika diputar dalam tape recorder atau VCD), namun lagu tersebut tidak bisa dilihat (kasat mata). Perangkat lunak ini digolongkan lagi menjadi perangkat lunak sistem operasi, yaitu bahasa pemrograman dan program aplikasi.

Jika kita mengandaikan komputer dengan tubuh manusia berarti tubuh adalah perangkat keras (Hardware) dan jiwa atau roh adalah perangkat lunak (Software). Selain dua komponen di atas, terdapat juga satu komponen penting lainnya yaitu perangkat akal (Brainware). Perangkat Akal adalah pemakai komputer, atau orang yang mengoperasikan komputer, misalnya operator komputer, programmer, dan sebagainya. Berarti bila teman-teman menggunakan komputer, maka teman-teman merupakan komponen dari komputer tersebut. Betul Gak ??? J J J

Ok, sejauh ini apa teman-teman sudah dapat membayangkan komputer itu? Apa sich Komputer itu? Apa sich program itu? Komponen apa yang terdapat dalam komputer? Pasti teman-teman sudah bisa menjelaskannya kan? Pastinya bisa donk...

Untuk edisi ini kita cukupkan sampai di sini dulu yah, untuk edisi berikut kita akan mengetahui lebih banyak lagi tentang komputer dan sebagainya. So, wait for me yah.... Cayoooo.

*) Mahasiswa Teknik Univesitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta.
-------------------------------------------------------
Sumber: Majalah SELANGKAH

0 komentar:

Posting Komentar

Mendukung Gerakan "One People, One Book, One Heart for Papua" yang di Lakukan oleh LPP. Kami kumpulkan buku baru dan bekas untuk bangun perpustakaan di Papua. Di Jakarta dan sekitarnya hubungi Johanes Supriyono, email:
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
 
 
 

Visitors

Pengikut